5 Cara Pintar Mengelola Modal Kecil Agar Usaha Tetap Lancar

Untuk usaha seperti ini, hal utama yang harus kamu miliki ialah ketekunan dan kesabaran dalam mengembangkan weblog yang kamu buat. Usaha ini dapat kamu lakukan di mana pun kamu berada, serta hanya bermodal laptop computer dan koneksi internet. Meningkatnya kebiasaan untuk belanja on-line juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan Kamu. Nah… jika selama ini fotografi hanya kamu jadikan sebagai hiburan semata, maka mulai sekarang kamu bisa langsung mencoba untuk menjadikannya sebagai salah satu sumber penghasilanmu. Seperti misalnya jika kamu ingin membuka sebuah toko pakaian atau yang lainnya. [newline]Cari segala kebutuhan properti hanya di99.co/id dan temukan berbaga macam proyek menarik, seperti Blossom Park Residence. Untuk menghemat uang saat promosi, kamu harus memilih target yang tepat.

Ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang tidak butuh modal besar dan tidak mengganggu jam kerja. Modal memang menjadi salah satu faktor utama ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah usaha. Meskipun demikian, tidak selamanya sebuah bisnis harus mengeluarkan modal yang besar.

Bisnis dengan modal yang besar

Saat ini berbisnis menjadi salah satu pilihan utama masyarakat, terutama yang ingin cepat mendapatkan keuntungan. Kemudian, jika pemasaran lewat whatsapp sudah cukup baik, maka bisa naik ke tahap pemasaran lewat instagram untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di media sosial. Lalu tahap keenam, lakukan promosi lewat media sosial yang cukup memakan waktu 15 menit.

VP Marketing Management Telkom, E Kurniawan mengatakan, agen digital ini bertugas menyebarkan kode referal registrasi IndiHome melalui akun media sosial ataupun WhatsApp. Setiap orang yang mendaftar melalui kode refferal, maka seorang agen akan mendapatkan poin yang bisa dikonversikan menjadi rupiah. Berjualan kue adalah salah satu alternatif usaha yang bisa dilakukan dengan modal minim. Sebab, ide dan kreativitas dalam membangun usaha ini sangat dibutuhkan.

Selalu ingat bahwa “cash is king” atau “uang tunai adalah raja”, dan laba bersih lebih penting daripada pendapatan yang tinggi. Jika Anda kehabisan uang tunai dan kehabisan fasilitas utang, maka bisnis Anda telah selesai. Untuk menjadi sukses, Anda benar-benar harus fokus pada kegiatan bernilai tinggi dan investasi yang menumbuhkan bisnis Anda. Konsultan bisnis Bernie Klinder, dikutip dariForbes mengatakan, mulai bisnis dengan modal kecil memang sangat menantang, tetapi bisa dilakukan. Ia mencontohkan Mary Kay dan bisnisnya, Domino’s Pizza, yang dimulai dengan beberapa ratus Dollar AS.

Selain itu jika sesuai dengan selera pasar, bisnis yang dijalani juga pasti akan berkembang dengan baik. Dengan hanya bermodalkan mesin jahit dan perlengkapan menjahit lainnya, kamu bisa membantu orang lain dalam membuat pakaian sesuai pesanan mereka. Selain berbisnis barang atau produk, Anda bisa memanfaatkan keterampilan Anda untuk berbisnis di bidang jasa. Bisa dikatakan bahwa modal yang Anda butuhkan hanya keahlian Anda, kepercayaan, dan peralatan kerja yang sudah Anda punya.

Belum lagi, Anda tak perlu direpotkan untuk membangun merek dari nol. Saat membeli waralaba, maka kita hanya melanjutkan pemasaran yang sudah dilakukan perusahaan induk. Bisnis ini tidak pernah sepi dari pembeli, sebab semua orang akan selalu membutuhkan makanan dan juga minuman.