Belajar Investasi Sejak Dini Dengan Reksa Dana, Yuk!

Broker menawarkan jalur tercepat dan paling murah untuk membeli saham, dana, dan berbagai investasi lainnya. Apabila terlalu sulit memilih saham, kamu bisa mengandalkan reksa dana saham yang dikelola manajer investasi. Kesalahan yang sering dilakukan investor pemula adalah berinvestasi tanpa memahami apa yang diinvestasikan. Investor pemula yang tidak belajar ilmu dasar saham tapi berharap mendapatkan keuntungan, ibarat kapal di tengah lautan yang dipimpin kapten yang tidak mengerti cara menghadapi badai. Saat lautan tenang, kapal dan penumpang di dalamnya bisa saja selamat, tapi saat badai mulai menyerang, kapal bisa saja hanyut.

Kamu bisa coba cek Indeks LQ45 dan indeks IDX30 di laman BEI, di mana saham-saham tersebut memiliki likuiditas yang sangat tinggi. Selain itu elementary perusahaannya juga memiliki nilai yang cukup baik. Di weblog Ajaib juga memaparkan seluk beluk investasi dengan bahasa yang sederhana sehingga gampang dipahami. Sesuatu yang mungkin tidak didapatkan jika belajar saham dari sumber yang lain. Kamu juga bisa menemukan beberapa suggestions yang memudahkan kamu dalam mengambil keputusan sebelum bermain saham. Tidak ada salahnya jika ingin belajar saham dari orang-orang yang punya ketertarikan yang sama dengan kamu, misalnya komunitas saham.

Belajar Investasi

Salah satu alasannya adalah tren suku bunga dunia yang sedang rendah, sehingga keuntungan tidak bisa langsung kamu peroleh. Jadi, sangat disarankan untuk mulai investasi dengan instrumen yang bisa bertahan dalam waktu lama, seperti reksadana dan saham. Anda bisa mulai investasi reksa dana saham melalui platform reksa dana online, beli reksa dana langsung dari Manajer Investasi atau membeli lewat agen yang disetujui OJK menjual reksa dana. Diperlukan pembacaan situasi dan prediksi yang cermat di sini. Namun, karena naik turunnya cepat, investasi saham menjadi riskan. Untuk investor pemula yang masih belum percaya diri bertransaksi saham, solusi memulai investasi pasar modal bisa secara tidak langsung, yaitu dengan membeli produk Reksa Dana.

Saat ini informasi mengenai perencanaan keuangan dan investasi dapat diakses dimana-mana. Hal ini sangat baik karena sejak dini memulai belajar investasi. Namun, persepsi di masyarakat secara umum masih jauh dari menerima soal investasi saham.

Invested dirilis pada tahun 2018 dan masuk dalam jajaran buku best vendor untuk kategori investasi saham. Anda pun tidak akan bosan dibuatnya karena buku ini tidak banyak membahas analisa saham yang mendetail saja. Sehingga, sangat cocok bagi pemula dan investor ulung sekalipun. IDXChannel – Memulai investasi saham memang memerlukan pengetahuan dan informasi yang cukup. Di period digital seperti sekarang, sumber informasi mengenai investasi saham memang sudah banyak didapat dengan mudah. Buku-buku tersebut ditulis oleh pakar investasi terkemuka dan biasanya lebih rinci dan lengkap.

Beberapa perusahaan sekuritas juga memiliki layanan discussion board atau group chat yang dapat dimanfaatkan untuk tanya jawab. Jika susah untuk menemukan buku-buku tersebut, tidak ada salahnya jika pergi ke perpustakaan nasional dan mencari buku tentang dunia saham di sana. Paling tidak cara ini bisa lebih hemat karena kamu bisa belajar saham tanpa harus mengeluarkan dana. Kini banyak orang yang belajar berinvestasi saham melalui media sosial baik itu video You Tube maupun Instagram. Cara tersebut sebenarnya baik untuk meningkatkan wawasan namun bukan untuk belajar lebih jauh.