Dulu Pekerja Pabrik, Pria Mojolaban Sukoharjo Ini Kini Sukses Jadi Pengusaha Kopi

Untuk menjalan bisnis tersebut, Putra harus merogoh kantongnya Rp 2-3 jutaan sebagai modal awal. Sedangkan untuk membeli mesin dan peralatan barista sekitar Rp 9-10 jutaan. Tapi setelah mengikuti program Kementerian Koperasi, akhirnya muncul ide untuk Kopi Toraja kemasan. Konsumen tidak hanya minum kopi di kedai saja, tapi bisa bawa pulang produk kopinya,” tutur Putra, panggilan akrabnya.

Bisnis Kopi

Yang harus kamu perhatikan, konsep yang kamu gunakan dalam membuka kedai kopi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Misalnya, kamu mengusung konsep moderen tapi sederhana, maka menu kopi yang disediakan juga harus sesuai dengan konsep yang dibangun. Pasalnya, Bencoolen Coffee menawarkan sejumlah paket bisnis kedai kopi dengan harga yang sangat terjangkau. Bisnis kopi kekinian semakin menjamur dan menjangkiti publik di seluruh Indonesia. Terutama untuk kalangan anak muda yang menjadi market utama dari bisnis ini. [newline]Kita dengan sangat mudah bisa menemukan berbagai brand kopi terutama di kota-kota besar, mulai dari kopi dengan konsep cafe hingga kopi dengan kemasan siap untuk dibawa .

Tak hanya ragam jenisnya yang banyak, penggemar kopi di Indonesia juga menjamur di mana-mana. Promosi bisnis dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, baik konvensional maupun digital. Membaca buku kopi yang ditulis oleh para praktisi dan ahli akan membuka wawasan dan tentunya menambah ilmu kebaristaan.

Pasalnya, pangsa pasar untuk produk minuman kopi klasik maupun kekinian sangatlah besar. Bisa dibilang, kopi merupakan minuman yang digemari oleh berbagai kalangan dan trennya tak pernah habis dari waktu ke waktu. Tidak bisa lagi mengandalkan aktivitas nongkrong sehingga kamu harus mencari ide inovasi bisnis kopi yang lebih fokus pada kualitas dan harga yang kompetitif. Selama pandemi, kita semua harus terbiasa dengan berbagai perubahan baru. Mulai dari menerapkan protokol kesehatan yang juga berdampak bagi pelaku usaha, seperti pemilik café dan kedai kopi.

Memiliki desain yang begitu unik dengan menggunakan sepeda motor, artinya para penjual tak perlu tempat permanen untuk berjualan. Karena dengan MOPI ini, parapenjual akan leih fleksible untuk menjajakan kopi yang telah disiapkan oleh MOPI. Secara entitas, Jago Coffee telah menerima investasi dengan nilai dirahasiakan dari Common Grounds, perusahaan yang Yoshua pimpin sendiri. Ia membuka kemungkinan untuk melakukan pendanaan eksternal pada tahun depan. Pasalnya, Jago memanfaatkan sepeda elektrik untuk kendaraan mitra menemui konsumennya.