Mentalitas Pebisnis

Nah, ternyata menjadi seorang pengusaha pun tidak selalu besar dan tidak harus memiliki gedung bertingkat loh. Bertanggung jawab atas keputusan yang selalu diambilnya adalah pola pikir seorang pebisnis. Apabila salah memilih langkah, seorang pebisnis sendiri yang akan menerima akibatnya. Seandainya mengambil keputusan dengan tepat, pebisnis akan menikmati hasil dari keberhasilannya.

Mentalitas pebisnis

Contoh simpelnya adalah menyingkirkan pola pikir dari pekerja yang mendapatkan fixed earnings menjadi mencari pendapatan usaha tiap bulan sesuai dengan target bisnismu. Ketua Panitia Ulang Tahun Ke-40 Hipmi Eric Hidayat mengatakan, Hipmi sebagai konsumen merupakan pasar potensial produk di dalam negeri. “Dan sebagai produsen, Hipmi berperan sebagai mitra strategis pemerintah, dengan mendorong pengusaha muda nasional menjadi tangguh di dalam negeri dan internasional,” katanya.

Pengusaha yang sukses mengetahui bahwa kegagalan bukan akhir dari permainan dan tidak boleh takut mengalaminya, karena tidak ada yang pernah mengalami kesuksesan sejati tanpa pernah mengalami kegagalan. Sikap percaya diri sangat diperlukan dalam menjalankan segala sesuatu. Pengusaha yang bermental kuat akan percaya kepada kemampuannya dan memiliki pengendalian yang kuat atas keraguan dan kegelisahan. Kepercayaan diri mereka akan dapat mengilhami orang lain dan membantu mereka mewujudkan sesuatu.

Yup, bisa berupa jasa, maupun membuat barang-barang yang mungkin belum diinovasikan atau bahkan belum pernah dibuat sebelumnya. Contohnya seperti inovasi dari croissant dan waffle yang baru-baru ini sedang marak diperjualkan di media social. Croffle ini sendiri adalah perpaduan dari 2 kue dan tentunya menarik banyak masyarakat untuk membelinya.

Selain itu, juga perlu diberi kesempatan untuk menerapkan hasil pelatihan di lapangan untuk mempraktekkan teori melalui pengembangan kemitraan rintisan. Mereka sungguh berani men-challenge anak buah mereka, men-challenge peer mereka, bahkan mereka pun akan berani untuk men-challenge bos mereka. Pada saat seseorang sedang menyampaikan solusi atau presentasi, mereka berani men-challenge, memberikan tantangan. Mengubah keadaan yang selama ini biasa saja menjadi luar biasa.

Sehingga, dapat menerjang badai sekuat dan sebesar apapun itu. Jika jaringan adalah sesuatu yang Anda sukai, ciptakan peluang untuk terus melakukannya. Memanfaatkan kemampuan Anda untuk mengembangkan koneksi baru bahkan lebih. Kemampuan alami Anda di beberapa area dapat menjadi anugerah yang menyelamatkan untuk setiap defisit yang Anda miliki di space lain. Berada dan merasa kompeten dalam satu bidang juga mengkatalisasi motivasi Anda untuk meningkat dalam diri orang lain.